Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Kebiasaan Yang Menyebabkan Imunitas Tubuh Melemah

Selasa, 11 Mei 2010

Liputan6.com, Jakarta: Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting dan berharga dalam hidup kita. Tentu saja kita akan selalu berusaha agar bisa hidup sehat. Namun hati-hatilah dengan kebiasaan kamu yang sering kamu lakukan mungkin saja akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan yang dimaksud adalah kebiasaan yang melibatkan interaksi dan emosi kita. Kebiasaan inilah yang bisa menyebabkan imunitas kita melemah bahkan terserang penyakit. Berikut ini adalah kebiasaan yang bisa menyebabkan kondisi imunitas kita menurun bahkan terkena penyakit :

Tidak Berinteraksi Dengan Lingkungan
Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang jarang berinteraksi dengan orang lain akan mudah terkena penyakit. Ini diketahui setelah mengamati 276 orang yang berusia 18-55 tahun dan menemukan mereka yang berinteraksi lebih dari 6 orang, ternyata memiliki kekebalan tubuh 4 kali lebih kuat untuk melawan virus penyebab flu.Jadi kamu jangan sampai terjebak dalam rutinitas kamu, setidaknya sempatkan diri bergaul dengan lingkungan, paling tidak interaksi ini bisa dilakukan dengan sms atau telepon walau tak secara langsung.

Begadang

Setelah begadang paginya kamu akan merasakan lemas dan lesu. Penelitian di Universitas of Chicago yang menemukan bahwa orang yang tidur 4 jam setiap malam selama 1 minggu hanya memproduksi setengah antibodi pencegah virus flu dalam darah dibandingkan mereka yang tidur 7-8,5 jam setiap malamnya. Jadi mulai sekarang jauhilah yang namanya begadang.

Jarang Tertawa
Penelitian membuktikan bahwa emosi positif berhubungan dengan dengan penurunan hormon stres serta membuat kita lebih mudah tertawa. Orang yang suka tertawa akan meningkatkan sel imun mereka secara signifikan. Jadi mulailah membiasakan diri untuk tertawa.

Dikelilingi Perokok
Memang ada benarnya pernyataan yang mengatakan bahwa perokok pasif akan banyak ruginya jika dibanding dengan perokok aktif. Tapi pernyataan ini bukan berarti mengharuskan kamu jadi perokok aktif lho, tapi sebisa mungkin bagaimana kamu menghindari lingkungan seperti ini. Berdasarkan fakta yang ada, Setiap tahunnya diestimasi ada sebanyak 3.000 warga Amerika yang tidak merokok, meninggal akibat kanker paru-paru dan 300 ribu anak mengalami infeksi saluran pernapasan bawah. Jadi mulai sekarang jangan lama-lama kita berada diantara para perokok.

Malas Mengolah Tubuh
Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang tidak sering bergerak rentan akan penyakit. Meskipun aktivitas fisik yang dipilihnya adalah berjalan sebanyak 2 kali seminggu, cukup ampuh menjauhkan mereka dari penyakit. Mulailah membiasakan diri berolahraga agar fisik kita selalu bergerak. Minimal sekedar berjalan di pagi hari, akan membuat badan kita lebih sehat.

sumber : disini

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP