Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Sejarah Minuman Keras

Jumat, 21 Mei 2010

1)BEER (BIR)

Penelitian ttg kendi-kendi dan tembikar-tembikar kuno dari wilayah Iran, mengungkapkan bahwa dari sekitar 7,000 tahun yang lalu Bir tsb sudah dibuat dan lebih lagi penemuan para arkeolog di Babilonia menyatakan bahwa tahun 4300 SM Resep bir pertama kali di temukan.

Sejak abad ke 5 SM orang Romawi sudah meminum bir, lalu selama akhir abad pertengahan di Inggris, Bir digunakan sebagai alat pembayaran, bahkan pajak pun dibayar menggunakan bir (mabook dolo gan.... hiks :D)

Bir merupakan barang konsumsi yang berkembang sangat pesat di AMERIKA.
Bir pertama yang dibuat di Amerika adalah tercatat pada tahun 1587 di tanah milik Sir Walter Raleigh.
(Dulu waktu Amerika masih daerah koloni Inggris, mereka selalu memesan bir dari Inggris, tetapi pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuat Bir mereka sendiri)

Lalu pada 1612 di New Amsterdam (NEW YORK) didirikanlah Perusahaan Bir komersial pertama.
Dulu terdapat lebih dari 2,000 tempat pembuatan Bir di Amerika pada tahun 1880, lalu pada tahun1935 menyusut menjadi 160 perusahaan saja, lalu pada tahun 1992 sebagian perusahaan itu bergabung sehingga sekarang hanya tersebut 5 perusahaan yang mengontrol 90% pasokan bir di Amerika.

Tehnik LAGERING (hasil tehnik disebut PILSENER / PILSNER)
LAGER adalah sejenis bir yang berkembang di EROPA. Kata2 "LAGER" berasal dari Jerman yang artinya "Penyimpanan". Biasanya bir ini disimpan seminggu sebelumnya sebelum di hidangkan.

Bir LAGER beda dengan bir-bir sebelumnya yang biasanya berwana hitam dan rasanya yang keras. Bir hasil LAGERING ini warnanya EMas muda dan pertama kali di produksi di PILSEN, BOHEMIA (sekarang Republik CEKO).
Ceritanya pada tahun 1842 seorang pembuat bir berusia 29 tahun bernama Joseph Groll menggunakan air lokal untuk menghasilkan bir dengan rasa yang lebih ringan, dan sampai sekarang bir hasil nya itu dinamakan bir PILSENER / PILSNER.

BIR KALENG PERTAMA adalah Krueger Cream Ale Beer. Dijual pada tahun 1935 oleh Krueger Brewing Company.


Guinness
adalah Sejenis bir yang sangat keras dan di produksi di St.James Brewery di DUBLIN sejak tahun 1759.
Arthur Guinness menandatangani perjanjian sewa selama 9,000 tahun dengan harga 45 POUND setahun.
Air untuk bir ini diambil khusus dari Lady's Well di pegunungan Wicklow.


DRAUGHT GUINNESS adalah sebutan bir yang berada di dalam tong kecil yang kalau di tuangkan ke dalam gelas langsung dari tong nya akan menimbulkan efek busa putih. Diluncurkan di dalam kaleng dengan BEER WIDGET didalamnya, pertama kali pada tahun 1989.

BEER WIDGET adalah teknik agar ketika bir dituangkan ke dalam gelas dari botol / Kaleng nya, akan menimbulkan busa putih seperti yang terdapat pada DRAUGHT GUINNESS.
Cara kerjanya adalah dengan melepas Nitrogen ke dalam bir untuk menghasilkan busa setelah kaleng atau botol dibuka.

(Cara untuk menghasilkan Draught Guinness beer)



2) CHAMPAGNE (Sampanye)
Sampanye adalah sejenis minuman yang dibuat dari anggur. Yang membedakan minuman ini dari anggur-anggur lainnya adalah warnanya... yang emas dan berkilauan, sehingga identik dengan minuman mewah.
Sampanye diduga adalah hasil karya dari 2 orang pengawas gudang anggur terkemuka dari orde biara Pierry dan Epernay di daerah Champagne di Timur laut Perancis.
Ke 2 orang tsb adalah Frere Jean Oudart dan Dom Pierre Perignon (1638-1715)
Dom Pierre Perignon mempunyai brand merek sampanye yang mempertahankan tehnik pengolahan anggur berkilau kuno yang sangat terkenal hingga saat ini...
siapa sih yang tidak tahun minuman DOM PERIGNON, favoritnya James Bond (selain Dry Martini of course...."Stir, not shake" :D)



3) SCOTCH WHISKEY
Mungkin yang satu ini terdengar agak asing bagi temen2 yang tidak suka minum.
Tapi lain halnya dengan para pemabuk sejati :D
Minuman ini adalah wajib adanya...
pantaslah, karena di tempat asalnya di Irlandia minuman ini juga disebut UISGE BEATHA (Air Kehidupan).

Asal muasalnya tidak jelas meskipun orang-orang Keltik kuno di Irlandia sudah memahami proses distilasi atau penyulingan sebelum tahun 1200 SM.

Tapi bukti pertama adanya DISTILASI / PENYULINGAN muncul di CINA pada abad ke 8 SM.

MERK-MERK SCOTCH WHISKEY YANG TERKENAL

Johnny Walker (RED LABEL / BLUE LABEL / BLACK LABEL)
ternyata juga salah satunya hehehe
:D
Mabok dolo gan @_@



4)Brandy (Brendi)
Brendi adalah sebutan untuk hasil penyulingan anggur.
Secara umum Brendi ditemukan pada abad ke 16 oleh pedagang Belanda yang tidak dikenal.
Penemuan Brendi ini bisa dibilang salah satu penemuan yang tidak disengaja.
Pedagang Belanda penemu Brendi ini dulunya hanya ingin menghemat ruang penyimpanan miliknya dengan cara mendidihkan anggurnya dan mengakibatkan air didalamnya menguap (jadi hanya tinggal sari pati anggur nya saja yang ada). Minuman keras yang dihasilkan menjadi BRANDEWIJIN yang artinya "ANGGUR HANGUS".




0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP