Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Siasun, Robot Penjaga Rumah dan Penghibur yang Pintar

Senin, 31 Mei 2010

Robot diciptakan tak hanya untuk meringankan pekerjaan manusia. Fungsi robot dari hari ke hari kian beragam, mulai dari pengurus rumah hingga menemani dan menghibur tuannya yang kesepian.


Perusahaan teknologi asal China, Shenyang Siasun Robot & Automation merancang sebuah robot penjaga rumah yang bisa berbicara, mengirim SMS, dan melapor ke pihak berwajib jika terjadi hal berbahaya di dalam rumah.

Pada tubuhnya terdapat sensor lingkungan yang mendeteksi kebocoran gas. Jika terjadi sesuatu dan tidak ada seorang pun dirumah, robot akan mengontak si empunya rumah melalui SMS atau email.

Siasun, demikian sebutan robot tersebut, dapat beroperasi selama delapan jam setelah baterainya diisi ulang selama dua jam. Konsumsi daya listriknya pun hemat, lebih kecil dari konsumsi listrik komputer rumah.

Robot yang penampilannya nampak seperti alien ini, memiliki tinggi 80 cm dan berat 25 kg. Bentuk tubuhnya yang tak terlalu bongsor, memudahkannya bergerak bebas di dalam rumah menggunakan roda. Dengan bantuan sensor, Siasun pun lihai menghindari hambatan atau perabot rumah tangga yang ditemuinya saat berjalan.

Si penjaga rumah pintar ini juga menyayangi lansia. Dia bisa diandalkan untuk merawat dan menghibur mereka. Para lansia tak akan merasa kesepian karena Siasun pandai berinteaksi dan mengajak lansia mengobrol.

Layar besar dan kamera pada tubuh Siasun berfungsi untuk mengecek kesehatan lansia secara rutin. Tambahan lainnya, Siasun akan mengajak lansia atau pasien yang sedang sakit, bermain game interaktif untuk melatih kebugaran fisik dan mental mereka.

Untuk saat ini, Siasun masih diproduksi secara terbatas. Namun dalam lima tahun ke depan,keluarga robot Siasun dapat dibeli seharga 10.000 Yuan China atau sekitar Rp 13,2 juta.Pihak pengembang Siasun menyebutkan, saat ini mereka juga tengah mengembangkan robot penyelamat yang bisa dipekerjakan saat terjadi bencana. (detikinet.com)

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP