11 Perusahaan yang Ingin Membeli Facebook
Selasa, 25 Mei 2010
Berikut 13 aktivitas penawaran dari 11 perusahaan menurut David Kirkpatricks dalam bukunya ‘The Facebook Effect, Fortune’ : “Dia sama sekali tidak menggrubis tawaran itu,” tulis David Kirkpatrick pada bukunya. 2. Friendster 3. Musim Panas 2004 4. Maret 2005 5. Tahun 2005 6. Musim Gugur 2005 7. Lagi, di 2005 8. Januari 2006 “Itulah bedanya antara perusahaan Los Angeles dengan perusahaan Silicon Valley. Kami membangun ini sudah lama dan orang-orang di MySpace tidak tahu,” ujar Mark. 8. Tahun 2006 Menurut laporan Kirkpatrick, Facebook hampir saja terbeli tapi meraka minta uang lebih untuk pembayaran awal. Namun, kesepakatan itu gagal. Viacom tak pernah menawar kembali. 9. Juni 2006 Pada suatu kesempatan, Yahoo justru menurunkan tawarannya menjadi US$ 850 juta setelah mengumumkan turunnya laba yang didapat. Menurut laporan, hanya perlu waktu 10 menit bagi Facebook untuk menolak tawaran Yahoo itu. 10. Lagi, di 2006 11. Musim Gugur 2006 12. Tahun 2007 13. Masih di 2007
Kepopuleran Facebook rupanya membuat sejumlah perusahaan berbondong-bondong merayu situs milik Mark Zuckerberg itu untuk dijual. Peminatnya bahkan para raksasa TI dunia.
1. Juni 2004
Diluncurkan pada Februari 2004, Facebook rupanya menarik perhatian seorang pengusaha asal New York. Mark yang saat itu baru berusia 20 tahun menolak tawaran US$ 10 juta dari pengusaha tersebut.
Menurut laporan, salah satu penawar awal Facebook adalah Friendster. Namun kesepakatan itu tidak pernah terjadi.
Menurut laporan Kirkpatrick, beberapa eksekutif Google datang untuk melihat apa ada kemungkinan mereka bekerja sama atau bahkan membeli situs jejaring sosial itu.
Saat itu, Facebook bercerita pada The Washington Post tentang investasi. Entah dari mana, perusahaan Viacom — pemilik stasiun televisi MTV — menawarkan US$ 75 juta untuk membeli Facebook. Tak hanya itu, Mark akan langsung mendapatkan US$ 35 juta langsung di tempat jika mau langsung melepas situs jejaring sosialnya itu. Sayangnya, usaha itu tak cukup berhasil.
Sebelum menjual kepada News Corp, MySpace coba menawar Facebook. Chris DeWolfe, CEO MySpace mengunjungi Mark dan timnya. Namun, menurut laporan, Mark, presiden Facebook Sean Parker, dan penasihat Matt Cohler menemui Chris hanya untuk bertemu saja. Mereka tertarik dengan Chris karena menurutnya ia orang yang menarik dan mereka hanya ingin tahu lebih mengenai MySpace.
Rupanya Viacom belum menyerah juga. Saat diketahui bahwa banyak para remaja lebih memilih menghabiskan waktu di situs jejaring soial itu ketimbang menonton MTV. Mark segera diterbangkan ke New York menemui CEO MTV, Tom Freston. Tom menceritakan betapa bagusnya nanti bila mereka bekerja sama. Sayangnya, mark tidak tertarik.
Kirikpatrick tidak menceritakan banyak detail pada kejadian ini. Namun, perusahaan NBC (National Broadcasting Company) — perusahaan jejaring televisi Amerika Serikat — akhirnya memutuskan berhenti ‘membujuk’ Facebook di tahun 2005.
News Corp — pemilik baru MySpace — rupanya punya ide yang sama. Digital boss News Corp, Ross Levinsohn menerbangkan Mark Zuckerberg dan Matt Cohler ke Los Angeles. Ross ingin membeliFacebook tapi ia khawatir tidak bisa mengikuti pertumbuhannya.
Bos MTV, Micheal Wolf datang pada Facebook. Saat itu Mark memberitahu padanya bahwa kemungkinan harga perusahaannya senilai US$ 2 miliar. Beberapa minggu setelah itu, Viacom menawarkan US$ 1,5 milyar pada Facebook. US$ 800 juta akan dibayar cash dan selebihnya menyusul.
Yahoo memutuskan harus memiliki Facebook. Mereka menawarkan US$ 1 miliar pada Facebook. Banyak eksekutif yang ingin menjualnya. Namun saat itu Facebook baru saja mengeluarkan News Feed dan itu berjalan baik. Mark sendiri menilai perusahaannya berharga lebih dari US$ 1 miliar.
CEO AOL, Jonathan Miller memutuskan akan membeli Facebook pada pertengahan tahun 2006. Mengajak CEO Time Inc., mereka menawarkan US$ 1 miliar lebih. Namun akhirnya mereka mengurungkan niatnya dan lebih memilih memberikan uang itu untuk perusahaan induk mereka.
Pantang menyerah. Yahoo kembali ‘merayu’ Facebook dan menawarkan US$ 1 miliar lebih. Sayangnya kali ini Yahoo belum berhasil juga.
Salah satu bos Google, Tim Armstrong meyakinkan perusahaannya untuk segera membeli Facebook. Memang Google tidak pernah mendapatkan kesepakatan itu, namun menurut kabar Google telah menawar hingga US$ 15 miliar.
CEO Microsoft Steve Ballmer ‘merayu’ Mark dengan uang sebesar US$ 15 miliar. Opsi lain dari tawaran Microsoft adalah setiap enam bulan sekali Microsoft akan membeli 5% saham Facebook, sehingga pengambilalihan perusahaan direncanakan akan selesai 5 sampai 7 tahun lagi. Akusisi itu memang tidak pernah terjadi, namun Microsoft membeli 1,6% saham atau sebesar US$ 250 juta.
0 komentar:
Posting Komentar