Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Bukti Bahwa Kepiting Mampu Berlari Maraton Selama Lima Hari

Jumat, 14 Mei 2010

Bumi kita memang masih dipenuhi oleh misteri ilmu pengetahuan. Siapa sangka, binatang dengan bentuk yang kecil dan tampak lemah sebenarnya punya kekuatan yang belum tentu dapat dilakukan oleh manusia. Dialah binatang yang bernama kepiting. Ternyata binatang kecil dan terlihat lemah ini memiliki keistimewaan dapat berlari maraton selama lima hari berturut-turut.



Kepiting ini adalah kepiting merah yang berada di daerah Burrows Pulau Christmas, Australia. Selama musim kering, kepiting-kepiting di pulau ini tidur dan bermalas-malasan di lubang-lubang di dalam maupun luar pasir. Namun ketika memasuki musim hujan, terjadi perubahan yang dramatispada mereka.

Saat musim hujan, mereka tiba-tiba menjadi sigap dan kuat. Kepiting-kepiting itu juga mampu berlari selama lima hari. Apa yang terjadi? Menurut para peneliti, terjadi perubahan pada otot kaki kepiting ketika memasuki musim hujan karena mereka harus melakukan migrasi. "Otot kaki yang semula lembek menjadi keras dan kuat," kata Progfesor biologi dari Universitas Bristol, Mark Viney.

Kepiting-kepiting ini hanya perlu pemanasan selama sepuluh menit, setelah itu ribuan kepiting itu dapat berlari 12 jam dalam sehari selama lima hari tanpa istirahat atau berhenti sejenak. Menurut Viney, otot yang ada pada kepiting memang berbeda, sebagaimana perbedaan antara otot kaki dengan otot yang bekerja pada jantung.

Kini, para peneliti masih menganalisa secara genetis apa penyebab perubahan otot pada kaki kepiting tersebut. Caranya, dengan mengambilcontoh otot kaki kepiting selama musim kering dan musim hujan pada saat mereka bermigrasi.


0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP