Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Woloan, Mendunia dengan Rumah Panggung

Senin, 06 Desember 2010

rumah tahan gempaDI sejumlah Negara, nama Tomohon sepertinya belum dikenal. Namun, jika menyebut nama Woloan, banyak yang sudah kenal.  Woloan adalah daerah di Kota Tomohon bagian Barat. Dari Manado ibukota Sulut, ditempuh dalam waktu 45 menit lewat jalan darat atau berjarak sekitar 30 kilometer–. Ini dikarenakan produk rumah panggung Woloan yang terkenal tahan gempa ini sudah merambah sejumlah Negara di dunia.
Sebut saja Argentina. Sejak tahun 90-an, produk rumah panggung Woloan sudah banyak dikirim ke Negara Amerika Latin tersebut. Negara Latin lainnya yang menjadi lokasi ekspor rumah panggung Woloan adalah Venezuela.
Negara Eropa tak ketinggalan. Belanda, Swedia bahkan Negara penghasil kayu seperti Finlandia dan Denmark juga menjadi lokasi ekspor rumah panggung.
Di Asia, Malaysia, Singapura, Cina dan Jepang serta Korea, sudah tidak terhitung rumah panggung Woloan yang dikirim. Begitu juga dengan Australia.
Sementara untuk dalam negeri, daerah yang dudah pernah dikirimi rumah panggung Woloan adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yokyakarta, Medan, Bali, Papua, Nusa Tenggara Barat serta daerah lainnya.
Saat ini, di Woloan ada sekitar 10 perusahaan pengekspor rumah panggung ini belum termasuk pribadi yang membuat rumah panggung tanpa mendirikan perusahaan. Sementara pekerja yang terserap mencapai sekitar 500 orang. Semuanya berasal dari Woloan yang saat ini telah terbagi menjadi empat kelurahan.
Lurah Woloan I Andri Tololiu SE ketika ditemui Manadotoday mengatakan, sebenarnya produk rumah panggung Woloan sangat prospek. Hanya saja, saat ini terkendala bahan baku karena saat ini kayu sudah sangat sulit diperoleh.
‘’Tahun tujuh puluhan lalu, kayu masing sangat mudah diperoleh. Tapi, saat ini sudah sulit mengingat persediaan sudah sangat menipis,’’ jelas Tololiu.
Untuk mengatasi krisis bahan baku, saat ini para pengusaha menjalin kerjasama dengan daerah penghasil kayu seperti Kalimantan dan Ternate. Di samping itu, Pemkot Tomohon juga terus berupaya untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk mendapatkan bahan baku.
Harga rumah panggung Woloan bervariasi, tergantung jumlah kamar atau ruangan. Bervariasi mulai dari Rp 75 juta hingga Rp 250 juta. (ark) Sumber

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP