Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Tips Mengatasi Mata Lebam

Senin, 06 Desember 2010

Mata lebam biasanya terjadi jika bagian mata terpukul atau terbentur benda tumpul. Hal ini tentu saja berbahaya dan bisa mengganggu penampilan. Ikuti tips berikut untuk membantu mengatasi mata lebam.
Mata lebam terjadi jika jaringan disekitar mata mengalami cedera. Biasanya membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk membuat lebam ini hilang dan darah terserap kembali ke dalam tubuh.
Mata lebam diawali dengan kelopak mata dan daerah sekitarnya yang menjadi hitam kebiruan, lalu berkembang menjadi ungu. Jika mendekati sembuh, warnanya akan berubah menjadi kekuningan.
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya mata lebam, seperti pukulan di hidung atau sekitar mata karena cairan akan berkumpul di jaringan longgar dari kelopak mata, beberapa prosedur bedah wajah atau jenis tertentu dari cedera kepala yang disebut dengan basilar skull fracture.
Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata lebam, yaitu:
  1. Menempelkan kantung es yang dibungkus dengan kain tipis ke daerah sekitar mata yang lebam tanpa memberikan banyak tekanan. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan dan menghentikan pendarahan internal. Jika mata sangat lebam, tempatkan kantung es di atas mata atau daerah sekitar dahi. Jangan menempatkan es terlalu lama di posisi yang sama, lebih baik menggunakan interval waktu 10 menit lalu mengulanginya lagi.
  2. Usahakan menempel kantung es tidak dalam posisi tidur, tapi naikkan posisi kepala dengan menggunakan bantal untuk mengurangi bengkak.
  3. Bisa juga menggunakan tanaman peterseli, karena memiliki sifat anestesidan anti peradangan. Menggiling beberapa peterseli cincang yang dicampur dengan batu es, lalu tuang ke dalam palstik dan letakkan di lemari es hingga membeku. Setelah menjadi es, ambil beberapa bagian dan bungkus dengan kain lalu tempelkan di daerah sekitar lebam sebagai kompres dingin. Tapi ingat untuk tidak terlalu lama meninggalkan kompres.
  4. Jangan terlalu kuat mengeluarkan udara melalui hidung, karena bisa menyebabkan pembuluh darah kapiler mengalami pendarahan lagi. Hal ini akan membuat proses penyembuhan lebih lama dan lebam akan semakin besar.
  5. Jika mengalami nyeri akibat pendarahan atau pembengkakan jaringan di sekitar mata, maka jangan sesekali menggunakan aspirin untuk menghilangkannya. Karena aspirin memiliki sifat antikoagulan yang dapat mencegah pembekuan darah, sehingga lebam bisa bertambah besar dan sembuh lebih lama. Cobalah untuk mengonsumsi parasetamolatau acetaminophen.
  6. Melindungi daerah sekitar lebam dari risiko cedera lainnya, karena itu hindari aktivitas fisik atau olahraga yang berisiko kontak dengan mata sehingga memicu terjadinya cedera kembali.

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP