Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Mengenal Bagian-Bagian Drum

Jumat, 01 Oktober 2010

Drum merupakan salah satu alat musik yang cukup penting dalam sebuah musik. Anda tentu bisa merasakan bagaimana pengaruh bunyi Drum dalam aliran musik suatu Band sekelas Avenged Sevenfold, atauLimp Bizkit. Bagaimana serunya bunyi drum pada aliran musik Reagee, dangdut dan lain sebagainya. Banyak para pemain drum yang sangat piawai dalam memainkan alat musik Drum, namun ternyata tidak semua yang memahami bagian-bagian dari Drum itu sendiri. Sama seperti rakyat Indonesia yang akan mencontreng di Pemilu 2009 namun tidak tahu siapa figure caleg atau partai yang dicontrengnya. Jauh….kaleee…!!!

Drum merupakan alat musik yang secara fisik mempunyai bagian-bagian yang terpisah, tetapi merupakan suatu kesatuan drum atau yang sering disebut drumset. Oleh karena itu sebelum kita belajar cara memainkan Drum (bagi pemula tentunya), kita perlu tahu bagian-bagian dari drum.

Secara umum, Drum terdiri dari beberapa bagian yaitu :

1. Cymbal (ride)
Cymbal terdiri atas 3 jenis yaitu :
- Ride Cymbal
Bentuknya besar, digunakan untuk pengganti atau variasi setelah hi-hat.
- Flash Cymbal
Bentuknya kecil, biasanya digunakan untuk memukul cress atau pukulan cress.
- Cymbal Cina
Bentuknya besar, bagian pinggirnya menonjol.

2. Hi-hat
Bagian dari Drum yang terdiri dari dua buah piringan, seperti cymbal yang saling berhadapan. Bunyi hi-hat diperoleh dari benturan kedua piringan dengan cara menginjak pedal hi-hat di bagian bawah.

3. Tom-tom
Berbentuk seperti gendang, dan terdiri dari berbagai macam ukuran, diameternya mulai dari 6-12 inci, biasanya yang kecil disebut small tom-tom dan yang besar disebut large tom-tom atau floor tom-tom.

4. Snare Drum
Bagian utama dari Drum yang paling dekat ke pemain, diameternya biasanya berukuran 13-14 inci. Yang membedakan dengan tom-tom adalah pada bagian bawah snare drum terdapat kawat-kawat yang berbentuk spiral (snare wire).

5. Bass Drum
Seperti tom-tom tetapi ukurannya lebih besar, bunyi suaranya besar dan bernada paling rendah. Dibunyikan dengan menginjak pedal bass drum.

6. Stick
Alat pukul pada drum yang terbuat dari kayu.



0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP