Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Kenapa Gugup Bikin Sakit Perut ?

Sabtu, 21 Agustus 2010

Ketika ingin tampil di depan umum, ada beberapa orang yang merasa gugup dan tiba-tiba merasakan sakit perut atau pingin buang air kecil, kenapa kondisi seperti ini bisa terjadi?

Orang yang mengalami gugup atau stres secara alami juga merasakannya di dalam usus. dan ada sistem saraf informal yang dikenal sebagai brain gut axis atau sumbu otak-usus di duga sebagai penyebabnya.


Pada dasarnya otak berinteraksi dengan seluruh tubuh melalui sistem saraf yang memiliki beberapa kompenen utama. Salah satu yang membantu mengatur proses pencernaan yaitu sistem saraf enterik.

Saat tubuh gugup atau panik maka proses pencernaan akan melambat atau bahkan berhenti. Sehingga tubuh dapat memfokuskan seluruh energi internal untuk menghadapi ancaman atau gangguan psikologi tersebut. Gangguan psikologi inilah yang menimbulkan sakit perut.

Seeorang yang tertekan karena gugup atau stress maka otak akan melepaskan asam lebih banyak ke dalam perut. Inilah yang mempengaruhi adanya gangguan pada perut seperti sakit perut, perut kembung, bersendawa, perut tersas perih, tiba-tiba merasa ingin buang air besar atau kecil, mual dan mulas.

Gimana sudah tahukan kenapa anda kalau sedang menghadapi sesuatu yang membuat anda gugup anda ingin buang air besar atau kecil atau juga sakit perut?

*Detikhealth

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP