Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

10 Tips Menghemat Daya pada Notebook

Rabu, 03 November 2010


Apakah Anda ingin Notebook yang Anda miliki boros Baterai? Pati tidak-kan! Maka dari itu simakkah tips di bawah ini agar Notebook yang Anda miliki Hemat Baterai (Daya).


  1. Atur manajemen daya
Manfaatkanlah fitur manajemen daya yang disediakan oleh Sistem Operasi yang digunakan di Notebook Anda. Bagi pengguna Microsoft Windows, coba klik Contorl Panellalu cari Opsi Power Options (untuk Windows XP) atau Mobile PC (unutkWindows Vista dan Windows 7). Silahkan atur apakah, misalnya, anda ingin si layar notebook menjadi gelap jika tidak ada aktivitas selama 5 menit, atau masuk ke mode sleep apabila sudah idle lebih dari 10 menit.
  1. Bikin Hemat Performa CPU.
Kecuali memang membutuhkan performa yang sangat maksimal dalam berkomputer, pertimbangkan untuk menghemat daya pemroses CPU kamu. Caranya, bagi penggunaWindows Vista atau Windows 7, masuk ke Control Panel lalu pilih Power Options, lalu klik Power Save. Opsi ini dapat membantu memperpanjang daya tahan baterai ketika si Notebook sedang tidak dicolok ke catuan daya listrik.
  1. Makin redup makin baik
Backlight LCD adalah pemakan daya yang sangat rakus. Jadi turunkan tingkat kecerahannya hingga level terendah yang masih bisa kamu toleransi.
  1. Tiadakan yang tidak penting
Jarang memakai fitur WiFi atau Bluetooth? Matikan saja supaya mereka tidak lagi mencoba mencari-cari koneksi yang ujung-ujungnya boros energi.
  1. Colok yang perlu saja.
Boleh saja punya banyak perangkat ber-USB, tetapi tidak perlu kamu colok semuanya kalau tidak dibutuhkan.
  1. Pakai SSD
Tidak seperti Hard Disk Drive yang memiliki play berputar, Solid State Drive (SSD) tidak memiliki bagian yang bergerak sehingga lebih efisien dan lebih sedikit menyebabkan panas atau suara karena jarang menjalankan kipas pendingin.
  1. Rajin di-defrag
Buatlah Hard Drive kamu bekerja seefisien mungkin dengan menjalankan defrag secara rutin minimal 2 minggu sekali. Harus diingat sebelum memulai, pastikan kamu sudah mencolok Notebook ke catuan daya listrik.
  1. Hindari Aplikasi Multimedia
Tidak heran, karena system Notebook akan menggunakan setting berperforma tinggi ketika menjalankan aplikasi semacam ini. Alhasil, energi baterai bisa habis dengan cepat.
  1. Upgrade memori system
Semua data yang digunakan oleh CPU akan disimpan oleh komputer di memori system atau memori virtual di hard drive. Nah, jika memori system ini dinaikkan, kebutuhan hard drive yang memerlukan energi lebih banyak ketimbang memori system bisa dikurangi.
  1. Kurangi pemakaian optical drive
Punya banyak koleksi CD atau DVD? Ingatlah bahwa menikmati kontennya dengan memutar kepingnya di Notebook akan menyebabkan hard drive berputar yang berarti makan daya. Hindarilah kebiasaan seperti ini dengan meng-copy dulu ke system, baru dinikmati.

Semoga Bermanfaat. ^_^

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP