Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Pengetahuan Tentang Bahasa Tubuh dan Alasan-alasan Untuk Memahami Bahasa Tubuh

Jumat, 17 September 2010

Tidak bisa kita pungkiri memang bahwa di dunia ini selain bahasa verbal yang sehari-hari sering kita pakai dengan lawan bicara kita, juga memiliki bahasa lain yang sangat misterius dalam berkomunikasi yaitu bahasa tubuh atau body language. Dan bahasa tubuh atau body language ini merupakan bagian atau salah satu teknik dari komunikasi yaitu komunikasi non-verbal.

Bahasa tubuh mengacu pada teknik komunikasi diam atau non-verbal bahwa semua orang secara sadar atau tidak sadar melaksanakan dalam semua aspek hubungan dengan orang lain di sekitar kita. Wikipedia mendefinisikan bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh. Ini adalah sesuatu yang sangat mirip dengan cermin yang membuat kita tahu apa yang dipikirkan orang lain dan pengalaman dalam menanggapi atau sebagai akibat dari apa yang kita katakan atau lakukan. Bahasa tubuh meliputi tingkah laku seseorang, gerak tubuh, dan gerakan fisik lainnya, baik secara sadar atau tidak sadar yang dilakukan oleh individu.

Kita mungkin tidak sadar tapi dalam situasi kehidupan nyata, sebagian besar pesan dari kita yang dikomunikasikan dengan orang lain yang disampaikan melalui bahasa tubuh dan hanya 7% sebenarnya ditularkan melalui kata-kata (saluran verbal) komunikasi? Sisanya terdiri dari bahasa tubuh kita (55%) dan nada suara (38%). Meskipun hal ini tergantung pada bagaimana terjadinya percakapan seperti melalui telepon, e-mail atau pesan teks. Bahwa menyampaikan fakta yang sangat penting yang dihadapi dalam menghadapi interaksi bahasa tubuh tetap menjadi komponen vital dalam komunikasi.

Kemampuan kita untuk menggunakan bahasa tubuh atau body languange dengan cara yang konstruktif dan mengetahui apa yang dipikirkan orang dengan mengamati dan menyadari bahasa tubuh mereka. Memiliki pengetahuan tentang bagaimana memahami dan menafsirkan bahasa tubuh dapat menjadi faktor yang menarik dalam peningkatan kepribadian secara menyeluruh. Pikirkan bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari ini di tempat kerja Anda atau kantor atau dalam hubungan pribadi dan profesional dengan bersikap akrab dengan teknik komunikasi yang luar biasa tapi berpengaruh. Ini adalah “modus senyap” untuk dapat memenangkan argumen dan tahu kapan untuk mundur, bagaimana berkeliling dan menggunakan bahasa tubuh orang lain untuk keuntungan kita.

Belajar bagaimana menafsirkan dan menggunakan bahasa tubuh - dianggap sebagai salah satu kegunaan atau keuntungan terbesat di dunia kalau dimanfaatkan secara makasimal, tetapi bahasa juga sangat misterius - bisa menjadi asset besar baik secara pribadi maupun profesional.

Jika memang sedemikian besar manfaatnya, lalu apa alasan bagi kita untuk memahami komunikasi bahasa tubuh atau body language? Inilah alasan untuk memahami bahasa tubuh:

(1). Jika kita memiliki pemahaman dasar tentang arti dari bahasa tubuh atau body language ini, hal ini dapat menyebabkan diri kita memiliki daya tarik lebih kepada orang lain termasuk lawan jenis. Mengapa? Hanya karena Anda akan tahu bagaimana membawa diri dengan benar sementara pada saat yang sama menjaga bahasa tubuh menahan diri dan berkonsentrasi, membuat Anda tampil percaya diri dan sangat menarik. Ini bekerja tidak hanya dengan cara yang sensual, tetapi juga ketika berbicara dengan kenalan baru, saat wawancara pekerjaan atau bahkan dalam pertemuan bisnis.

(2). Sebagai senjata dari pengetahuan tentang cara membaca dan memahami bahasa tubuh sehingga dapat membuat gaya kumunikasi dari seorang komunikator menjadi lebih efektif karena dengan ini dapat juga menggunakan kata-kata serta tindakan untuk menekankan maksud kita dan ikatan dengan orang lain. Hal ini akan berdampak pada kemampuan berkomunikasi yang lebih terfokus tanpa ofensif dengan nilai yang lebih tinggi bahkan lebih tajam.

(3). Emosi adalah salah satu “banes” yang dimiliki oleh banyak orang, tidak dapat menyembunyikan perasaan tetapi ada kalanya kita harus menunjukkan emosi karena keadaan. Mengetahui hal ini, kita dapat memaksa diri untuk tersenyum, yang pada gilirannya pasti akan membuat diri kita merasa lebih baik bahkan saat kita sedang sedih, depresi atau kelelahan.

(4). Mengetahui cara untuk meningkatkan bahasa tubuh diri sendiri akan membuat orang memiliki citra mental yang lebih baik.

Oleh kodzan dari berbagai sumber

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP