Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

10 tips aman ber-twitter

Senin, 26 April 2010


Perkembangan jejaring sosial Twitter di Indonesia begitu pesatnya. Sebuah laporan dari ReadWriteWeb.com menyatakan bahwa pada awal 2010 Indonesia telah menjadi negara pengguna Twitter nomor enam terbesar di dunia.
Popularitas ternyata diikuti pula oleh peningkatan ancaman dari peretas maupun pelaku kriminal dunia maya. Bila account Twitter milik Presiden Barrack Obama saja bisa diretas, apalagi milik Anda.
"Hanya dalam empat tahun, popularitas Twitter meningkat pesat di seluruh dunia. Peningkatan ini menjadikan Twitter sebagai sasaran empuk para penjahat dunia maya," kata Ema Linaker, Global Head of Online Engagement AVG, perusahaan keamanan komputer, dalam siaran persnya.
Salah satu jenis ancaman cukup populer akhir-akhir ini adalah phising alias situs palsu. Pelaku biasanya meretas account korban lalu menggunakan account tersebut untuk mengirimkan pesan pribadi atau Direct Message (DM) kepada follower account tersebut.
DM itu akan berisi tautan yang akan menggiring pengguna ke sebuah situs palsu. Setelah itu, pencurian informasi dan data pun dimulai.
Linaker menawarkan sepuluh tip bagi pengguna Twitter agar selalu aman:

* Batasi Pembicaraan Anda
Pengguna sering merasa gampang saja mencericit soal lokasi dan kegiatan mereka. Komentar-komentar ringan yang diberikan sebagai tanggapan lama kelamaan dapat dipakai untuk mengetahui jadwal kegiatan dan rencana harian pengguna itu. Penjahat siap menjadikannya sebagai korban berikut.

* Hati-hati Membuka Tautan
Banyak orang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter, hingga memang sering sulit untuk benar-benar mengetahui situs tersebut. Fitur AVG LinkScanner pada Antivirus AVG dapat digunakan untuk memeriksa tautan-tautan tersebut. Namun bila terbit keraguan di hati, sebaiknya tautan tidak dibuka.

* Waspada
Waspadai kegiatan mencurigakan di timeline atau inbox. Bila mulai pesan-pesan yang mencurigakan atau teman-teman Anda mulai mengirimkan pesan-pesan berbau spam, sebaiknya pastikan apakah acount rekan tersebut dibobol atau tidak.

* Berpikir sebelum Tweet
Tweet dapat dibaca oleh semua orang bahkan setelah dihapus. Pikirkanlah baik-baik apa yang hendak Anda tulis.

* Jangan Lekas Percaya
Anda tidak pernah tahu siapa saja follower Anda. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang mungkin memiliki niat buruk.

* Periksa Aplikasi Pihak Ketiga
Ada ratusan aplikasi di Twitter. Sebelum Anda menggunakan, pastikan keamanannya. Carilah aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. INgat aplikasi itu selalu meminta kata kunci dan ID.

* Informasi Password
Gunakan password dan E-mail berbeda untuk tiap account jejaring sosial Anda. Dengan begitu, bila Anda menutup akun,
Anda dengan mudah dapat menghapus akun e-mail.

* Saat Log in
Periksalah pengaturan peramban, pastikan bahwa informasi tidak terekam bila Anda menggunakan komputer bersama.

* Waspadalah Terhadap Serangan Phising
Berhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi melalui tweet atau DM.

* Saat Menggunakan Telepon Seluler
Berhati-hatilah dengan telepon seluler dan siapa-siapa saja yang dapat menggunakannya. Bila Anda memiliki aplikasi Twitter, pastikan Anda selalu log out setelah menggunakan.

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP