Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

'Text Neck', Sakit Leher Akibat Ponsel

Minggu, 21 November 2010

Jakarta - Penggunaan ponsel, pemutar musik maupun gadget lainnya, ternyata berisiko menimbulkan penyakit yang biasa disebut 'Text Neck'. Apa itu?

'Text Neck' merupakan keluhan rasa sakit di seputar leher, yang menurut Hayden Thomas dari asosiasi kesehatan Chiropractors, disebabkan oleh kebiasaan menundukkan kepala saat sedang sibuk dengan perangkat ponsel, misalnya saat sedang menulis SMS.

Katanya, kasus ini mulai banyak dikeluhkan. "Tulang dan otot manusia beradaptasi dengan perubahan postur tubuh yang terjadi," tukas Thomas seperti dilansir Bignews Network dan dikutip detikINET, Minggu(21/11/2010).

Kasus penyakit leher itu rupanya diakibatkan karena leher dan kepala dipaksa untuk terus-menerus melihat ke arah bawah dalam jangka waktu yang lama. "Perubahan itu mendukung pula perubahan pada ligamen, tendon, otot serta tulang yang akhirnya dapat mengakibatkan kejang otot maupun sakit pada saraf," tambahnya.

Meski di era saat ini sangat tidak mungkin untuk menghindar dari penggunaan perangkat teknologi canggih semacam itu, namun ada baiknya untuk merubah posisi melihat perangkat demi kesehatan.

Perubahan tersebut termasuk memperhatikan postur tubuh, terutama leher saat mengirim maupun menerima pesan singkat ataupun pada perangkat genggam lainnya. Salah satunya dengan merubah posisi seperti memegang ponsel lurus berhadapan dengan wajah untuk menghindari tekukan leher. Dan jangan lupa untuk sering meregangkan otot-otot leher secara teratur.

"Perubahan kebiasaan kecil saat Anda menggunakan ponsel, pemutar musik maupun e-reader bisa menjadi sebuah perbedaan besar untuk menjaga kesehatan dan memberikan umur panjang bagi Anda," tutup Thomas.


Sumber

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP