Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Gen Unta Berhasil Dipetakan Ilmuwan Saudi dan China

Senin, 14 Juni 2010





Separuh lebih gen unta mirip dengan gen dalam tubuh manusia, demikian riset terbaru


Hidayatullah.com--Para ilmuwan dari Arab Saudi dan China berhasil menyelesaikan pemetaan gen hewan unta Arab berpunuk satu awal pekan bulan ini.


Dua puluh ilmuwan dari King Abdulaziz City for Science and Technology dan Beijing Genomics Institute, selama lebih dari satu tahun berupaya memecahkan kode genetik yang  melingkupi seluruh tubuh seekor unta Arab berpunuk satu (Camelus dromedarius), si penghuni asli semenanjung Arab.

Dengan pencapaian itu, unta Arab masuk dalam daftar eksklusif hewan yang secara penuh dipetakan gennya oleh para ilmuwan.

Penelitian itu mendapati, 57% gen unta mirip dengan gen yang ada dalam tubuh manusia.

Mengurutkan dan menganalisa seluruh gen unta--yang memiliki kemiripan menakjubkan dengan jenis hewan ternak lainnnya--sangat bermanfaat untuk memahami kemampuan binatang itu dalam bertahan hidup di lingkungan padang pasir yang keras.

Selain itu, kata para ilmuwan, mereka jadi bisa mengetahui sistem imunitas unta, yang dapat dikembangkan untuk penemuan medis. Dengan data gen yang ada, ilmuwan lebih memahami bagaimana mamalia itu dapat memproduksi air susu yang sangat tinggi kandungan gizinya dan bisa dipakai untuk pengobatan.

Lebih dari 1400 tahun lalu, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam menyuruh para sahabatnya yang sakit untuk mengkonsumsi tidak hanya susu, tapi juga air kencing unta.[di/an/gn/www.hidayatullah.com

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP