Join and earn money by advertising in Kumpulblogger.com

Hebatnya Berang-Berang Membangun Bendungan

Senin, 17 Mei 2010

Metrogaya-Hebat dan menakjubkan!!! Sebuah bendungan yang dibuat oleh berang-berang memiliki panjang 500 meter. Seorang ahli ekologi Kanada menemukannya pada satu daerah terpencil di Alberta Utara. Hasil karya berang-berang ini disebut bangunan sangat besar yang dibuat hewan sehingga terlihat dari antariksa.

Rata-rata bendungan buatan berang-berang di Kanada memiliki panjang 10 sampai 100 meter, dan sangat langka sampai memiliki panjang lebih dari 500 meter. Peneliti Jean Thie mengatakan, ia menggunakan citra satelit dan perangkat lunak Google Earth untuk menemukan bendungan itu, yang memiliki panjang 850 meter di ujung selatan Taman Nasional Wood Buffalo.

"Pembangunan bendungan itu diduga dimulai sekitar pertengahan 1970-an,"kata Thie, yang melakukan penemuan tersebut secara tak sengaja sewaktu ia melacak "permafrost" di utara-jauh Kanada.

Di dalam geologi, "permafrost" atau "tanah permafrost" adalah lapisan tanah yang berada di bawah titik beku air --0 derajat celsius atau 32 derajat farenheit-- selama dua tahun atau lebih.

"Beberapa generasi berang-berang mengerjakannya dan bendungan itu masih berkembang," kata Thie seperti yang dilansir AFP di Ottawa, Kanada.
Lebih lanjut dijelaskan Thie hasil identifikasinya terdapat dua bendungan yang lebih kecil yang bermunculan di kedua sisi bendungan utama. "Dalam 10 tahun, ketiga bangunan itu dapat muncul jadi mega-bendungan yang memiliki panjang kurang dari satu kilometer," katanya.

Wilayah tersebut datar, jadi berang-berang mungkin saja harus membuat bangunan raksasa untuk mencegah air rawa mengalir. "Itu adalah fenomena unik. Bendungan buatan berang-berang termasuk di antara sangat sedikit bangunan buatan hewan yang terlihat dari antariksa. Bendungan itu sudah terlihat di dalam citra satelit NASA dari tahun 1990-an," katanya.

Berang-berang Amerika Utara membuat bendungan untuk menciptakan kolam air yang diam dan dalam untuk melindungi diri dari pemangsa, dan untuk menghanyutkan makanan serta bahan bangunan.

Bangunan dengan panjang 652 meter di Three Forks di negara bagian Montana, AS, sebelumnya memegang rekor bagi bendungan terbesar buatan berang-berang.

Thie mengatakan, ia juga menemukan bukti bahwa berang-berang menghuni kembali habitat lama setelah diburu secara besar-besaran untuk diambil bulunya dalam beberapa abad belakangan.

"Mereka menyerbu wilayah lama mereka dengan cara yang luar biasa di Kanada.Saya menemukan beberapa bendungan yang sangat besar di seluruh Kanada, dan koloni berang-berang dengan jumlah 100 di wilayah seluas satu kilometer persegi. Mereka mengolah kembali lahan lama mereka," terang Thie.

Sementara itu dari petugas pertamanan mengatakan jika bendungan raksasa tersebut, pertama kali ditemukan pada Oktober 2007. Berada di bagian sebelah selatan taman Lac Claire, sekitar 190 kilometer di sebelah timur-laut Fort McMurray.

Mike Keizer, jurubicara taman tersebut, mengatakan, petugas penjaga hutan terbang di atas rawa yang dipenuhi pepohonan itu tahun lalu melakukan pengamatan.Mereka menemukan sangat banyak tanaman yang tumbuh di bendungan itu, sehingga menunjukkan bangunan tersebut sangat tua.

"Satu bendungan baru pasti memiliki banyak ranting baru.Bendungan ini ditumbuhi rumput dan sangat hijau," jelas Keizer.

Sebagian bendungan itu diduga telah diciptakan oleh pohon yang tumbang secara alamiah, dan berang-benar tersebut secara oportunis mengisi celah-celah yang kosong. sumber

0 komentar:

Follow Me

Blog Archive

Online

Directory

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Text Back Links Exchange Free Automatic Link Free Automatic Backlink http://Link-exchange.comxa.com Powered by Mysiterank

  © Web Design By Septiyans   © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008   ©The Javanese   ©Doea Enam

Back to TOP